Referensi

“Khoirukum Man Ta’allamal Qur’aana Wa “Allamahu”

“sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya”.

“Allohummarham Khulafaa’i Alladziina ya’tuuna ba’di alladziina yarwuuna ahaadiitsi wasunnatii wayu’allimuunaha annasa”.

“Ya Alloh, rahmatillah khalifah-khalifah yang datang setelahku, yaitu orang-orang yang meriwayatkan hadist-hadist dan sunnahku kemudian mengajarkannya kepada manusia”.

“Dari Umamah RA, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Bacalah Al Quran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya,” (HR Muslim).

“Dari al-Nuwwas bin Sama’an, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda:

“Akan didatangkan pada hari kiamat nanti Al Quran dan para pembacanya yang (juga) mengamalkannya di dunia. Surat Al Baqarah dan surat Ali Imran berada didepannya, kedua surat itu membela para pembacanya,” (HR Muslim).

Dari Aisyah RA, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda:

“Orang yang membaca Al Quran dengan baik, maka ia bersama para utusan (malaikat) yang mulia lagi berbakti, dan orang yang membaca Al Quran dengan tersendat-sendat dan susah payah, maka baginya dua pahala,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari Musa Al Asyari, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda:

“Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Quran seperti buah utrujjah; baunya harum dan rasanya pun enak. Perumpaan orang mukmin yang tidak membaca Al Quran seperti buah tamar: tidak berbau wangi, tetapi rasanya enak. Perumpamaan orang munafiq yang membaca Al Quran seperti buah raihanah; baunya wangi tetapi rasanya pahit. Perumpamaan orang munafiq yang tidak membaca Al Quran seperti buah hanzhalah; tidak berbau wangi dan rasanya pun pahit,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari Umar bin Khattab RA, bahwa Nabi Saw pernah bersabda:

“Sesungguhnya Allah akan mengangkat (martabat) beberapa kaum dengan kitab ini (Al Quran) dan akan menjatuhkan beberapa kaum yang lain dengan kitab ini pula,” (HR Muslim).

Dari Ibnu Umar RA, dari Nabi Saw bersabda:

Tidak boleh mendengki kecuali terhadap dua hal: “Seseorang yang diberi (penguasaan yang baik tentang) Al Quran oleh Allah kemudian ia mengamalkannya siang dan malam, dan seseorang yang diberi Allah harta kemudian ia menginfaqkannya siang dan malam,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari Ibnu Mas’ud RA, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu (pahalanya) sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf,” (HR Turmudzi, ia berkata hadits ini hasan shahih).

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda:

Sesungguhnya orang yang didalam hatinya tidak terdapat sesuatu pun dari Al Quran, ibarat rumah yang sepi,” (HR Turmudzi, ia berkata: hadits ini hasan shahih).

Dari Abu Said Al Khudri (Saad bin Malik, wafat tahun 74 H): Allah berfirman (didalam hadits qudsi):

“Barangsiapa tidak meminta kepada-Ku karena disibukkan oleh Al Quran dan mengingat-Ku, maka Aku akan memberinya sesuatu yang terbaik yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta (kepada-Ku),” Keutamaan kalam Allah atas semua kalam (Makhluk-Nya) seperti keutamaan Allah atas semua makhlukNya,” (Dikeluarkan oleh Turmudzi).

Dari Ummul mukminin Aisyah RA:

“Rumah yang didalamnya dibaca Al Quran akan terlihat oleh penduduk langit sebagaimana penduduk bumi melihat bintang-bintang (di langit),” (Dikeluarkan oleh Al Baihaqi)

Dari Anas (mantan budak Rasulullah Saw):

“Terangilah rumah-rumah kamu dengan shalat dan membaca Al Quran,” (Dikeluarkan oleh Al Baihaqi).

Dari Nuam bin Basyir:

“Ibadah ummatku yang paling utama ialah membaca Al Quran,”

(Dikeluarkan oleh Al Baihaqi).

Dari Samurah bin Jundab (wafat tahun 60 H):

Setiap penghidang harus didatangkan hidangangannya, dan hidangan Allah adalah Al Quran, maka janganlah kamu menjauhinya,” (Dikeluarkan oleh Al Baihaqi).

Tidak ada komentar: